Gandeng LBH Tridharma, Serikat Pekerja PT Panasonic Tolak PHK

ZONALABOUR.COM, JAKARTA - Menjadi seseorang yang memperjuangkan hak orang banyak tentunya banyak rintangan, hal ini yang juga dirasakan oleh Ketua Serikat Pekerja PT Panasonic Gobel Energy Indonesia (PT PECGI), Jufrizal, yang di PHK secara sepihak oleh management PT PECGI pada tanggal 7 Februari 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor 19/PECGI-GA/II/2018.

Alasan management PT PECGI mengeluarkan surat tersebut diyakini karena Jufrizal selaku ketua Serikat Pekerja dituduh telah melakukan kesalahan berat berupa menghilangkan /menggelapkan barang perusahaan berupa Laptop.

“Tindakan tersebut jelas tidak dapat dibenarkan, karena belum adanya keputusan pengadilan dan belum ditetapkan bersalah, tetapi management PT.PECGI mendahului dan memutuskan saya bersalah.” kata Jufrizal pada press conference yang dilakukan di kantor DPP ARUN, Cawang, Jakarta Timur, (21/2/2018).

Lanjut Jufrizal, menurutnya hal tersebut tentunya bertentangan dengan Undang–Undang nomor 21 tahun 2000 tentang serikat Pekerja/Serikat buruh.

Karena merasa terdzholimi dengan perlakukan perusahaan yang sewenang–wenang, Jufrizal mengambil langkah untuk meminta pendampingan hukum Kepada LBH Tridharma Indonesia yang berkantor di Jalan Salak Raya 8 nomor 14 RT/RW. 001/003 kel. Pondok Benda Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan – Banten yang kemudian langsung diterima oleh Direktur LBH Tridharma Indonesia, Yudi Rizali Muslim, S.H.
“Sebagai angkah awal, saya dan LBH Tridharma Indonesia langsung membuat Pengaduan kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM) dan langsung diterima oleh ketua KOMNAS HAM. Selain itu, akan banyak upaya-upaya hukum yang akan dilakukan oleh Tim Kuasa Hukum dari LBH Tridharma Indonesia yaitu gugatan melalui Pengadilan Hubungan Industrial dan upaya–upaya hukum lain demi mendapatkan rasa keadilan.” lanjutnya.


Pernyataan sikap Serikat Pekerja PT PECGI :

1. Menolak segala bentuk Intervensi, Diskriminasi dan Kriminalisasi dalam bentuk apapun yang di lakukan oleh Management PT. Panasonic Gobel Energy Indonesia terhadap Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan Serikat Pekerja Panasonic Gobel Energy Indonesia.

2. Menolak Pemutusan Hubungan Kerja secara sepihak terhadap saudara Jufrizal sebagai Ketua Umum Serikat Pekerja Panasonic Gobel Energy Indonesia.[]

Tidak ada komentar