Wiranto Lepas Ribuan Peserta Sepeda Nusantara Di Serang Banten


Menkopolhukam Wiranto, Gubernur Banten Wahid Halim dan Deputi 3 Kemenpora Raden Isnanta, sesaat sebelum melepas peserta Sepeda Nusantara.[Buddy Ac]

RADARINDONESIANEWS.COM, BANTEN - Program olahraga terbesar dan terluas saat ini adalah Sepeda Nusantara, yang digagas oleh Kantor Kementerian Pemuda dan Olah Raga, bekerjasama dengan kantor kementerian lainnya dan pemerintah daerah.

Serang, ibukota Banten, adalah kota yang pertama disambangi, dan sukses menghadirkan ribuan pesepada dari berbagai kalangan, termasuk kehadiran Menkopolhukam Jenderal (Purn) Wiranto, yang membuka acara dengan resmi, dengan mengibarkan bendera digaris start, pada Hari Minggu, 12 Agustus 2018, mulai pukul 06.00 sampai 09.00 wib

"Menurut hemat saya, olahraga sepeda bersama, yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat di Kota Serang ini, adalah simbol dari persatuan dan kesatuan bangsa. Tatkala ada seorang yang terjatuh, yang lain harus menolongnya agar tidak ada lagi yang terjatuh," ungkap Wiranto, yang membuka acara Sepeda Nusantara tersebut didampingi segenap staf kementerian, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan seluruh jajarannya.

Menko Polhukam mengungkapkan bahwa Sepeda Nusantara memiliki makna yang sangat mendalam serta sesuai dengan amanat presiden yaitu Gerakan Masyarakat Sehat (GEMAS).

“Sepeda Nusantara berbeda, hal ini membuktikan bahwa ada kebersamaan dan persatuan diantara kita dan ini merupakan hal yang sangat penting melihat banyaknya ancaman saat ini. Kita bersatu merawat persatuan Indonesia,” simpul Wiranto.

Sebagai penggagas acara, mewakili Kemenpora, menurut Raden Isnanta, Deputi 3 Pembudayaan Olahraga, mengatakan bahwa, setelah Banten, kegiatan serupa akan keliling Indonesia, dengan melibatkan kantor kementerian lainnya, yang berada dibawah kabinet Kerja Presiden Jokowi.

"Setidaknya ada 70 kota yang akan disambangi Sepeda Nusantara agar kegembiraan masyarakat melalui naik sepeda beraama, diarasakan oleh seluruh masyarakat ditanah air," terang Isnanta, yang turut melepas para peserta didepan Pintu Gerbang Alun-Alun Barat Serang.

Acara yang terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat, dimulai dengan senam bersama dan ditutup dengan pengundian hadiah Sepeda, Motor, serta acara hiburan lainnya.

Start sepeda nusantara dimulai dari alun-alun barat Kota Serang, menempuh jarak sekitar 10 km, ke arah carrefour, Ciceri, kembali lagi ke garis finishz di alun-alun barat Serang.

Sementara itu, Gubernur Banten Wahidin Halim dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan Sepeda Nusantara ini merupakan suatu momentum bagi masyarakat Banten untuk menyatukan diriny dalam rangka pembangunan di Provinsi Banten khususnya dan di Republik Indonesia.

“Antusiasme masyarakat Banten luar biasa, saya berharap dengan Sepeda Nusantara ini dapat membangun Indonesia. Mari kita bekerjasama karena kesatuan NKRI harga mati, saling menjaga kesatuan dan harmonisasi antar masyarakat,” terang Gubernur.[Buddy Ac]

Tidak ada komentar