SMAN I Muntok Gelar Workshop Jurnalistik, 46 Siswa dan Guru Ikut Serta


SMAN I Muntok saat workshop jurnalistik.[Alif/radarindonesianews.com]
 
ZONALABOUR.COM, MUNTOK, -- Sedikitnya 46 peserta terdiri perwakilan guru sekolah serta siswa-siswi SMAN I Muntok, Rabu pagi, 24/9/2018 mengikuti Workshop Literasi Digital dan Jurnalistik di Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Muntok. Acara dibuka Kepala Sekolah, Sudarni, S.Pdi

Pelatihan disampaikan oleh Praktisi Jurnalis, mantan Redaktur Bangka Pos, sekaligus Pengurus Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Bangka Belitung, Rudy, ST didampingi oleh Alif Firmansyah, wartawan radarindonesianews.com dan Jurnalis Warga dari Pasangmata detikcom.

Materi pelatihan yang disampaikan mulai dari seputar wawasan ilmu jurnalistik, kiat menulis berita mudah dan cepat serta teknik menyunting karya berita yang baik. Selain itu juga disampaikan perbedaan jurnalistik media cetak dan online, teknik menulis berita online serta ajakan untuk peserta agar menjadi jurnalis masa depan (Inspirative Journalism). Usai pemaparan para siswa selanjutnya diberi simulasi.

 
Kepala Sekolah SMAN I Muntok, Sudarni, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini digelar menindaklanjuti surat dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas tentang Penetapan Sekolah Pelaksana Program Pengembangan SMA Rujukan Tahun 2018. Kebijakan ini sebagai upaya peningkatan mutu dan pelayanan pendidikan Program dan Pelaksanaan Sekolah Rujukan SMA Negeri 1 Muntok Tahun 2018.

"Selaku sekolah rujukan, ibu bapak dari sekolah imbas, setelah materi disampaikan dari praktisi jurnalis ini supaya dapat mendesiminasikan ilmu ini di sekolahnya masing-masing. Apalagi sekarang era digital jangan jadi kendala bagi kita," tutup Sudarni dalam sambutannya. 

Sementara itu salah satu peserta Jurnalistik, Ayu kepada awak media mengatakan, "Saya senang bisa ikut dalam literasi digital dan jurnalistik ini. Harapan saya kedepan akan lebih baik lagi,"pungkas Ayu singkat.

Pelatihan yang berlangsung selama dua jam hingga pukul 12.00 WIB tersebut kemudian ditutup dengan tugas yang diberikan praktisi. (Alif F).

Tidak ada komentar