Papa T Bob Protes Keras Karya Lagunya Dipakai Tanpa Izin


Papa T Bob.[Alex/radarindonesianews.com]
 
ZONALABOUR.COM, JAKARTA - Pencipta lagu "Obok-Obok", Papa T Bob protes keras terhadap penggunaan karya ciptanya itu tanpa sezin dirinya. Hal ini dikatakan Erwanda Lukas yang lebih dikenal dengan nama Papa T Bob melalui selular, Kamis (3/1/2019).

Lagu yang suskses dibawakan oleh penyanyi cilik Joshua sekitar tahun 90an itu dipakai tanpa seizin penciptanya. Pada tanggal 1 Desember 2018, Papa T Bob telah memberi kuasa kepada Eddy R. Harwanto, S.H, M.H untuk mensomasi Didi, Produser DJ Management untuk menyelesaikan persoalan tersebut tapi hingga kini belum ada kejelasannya.

Dalam pembuatan sebuah lagu, Papa T Bob yang lahir di Jakarta 22 oktober 1960 ini memang diakui sebagai seorang pencipta lagu anak-anak dengan warna dan chiri khas yang tidak dimiliki pencipta lagu lain.

Saat proses pembuatan lagu itu, Papa T Bob terlebih dahulu melihat wajah sang penyanyi baru kemudian menulis ide dan mencipta lagu yang sesuai dengan karakter penyanyinya.

Banyak sekali artis yang sukses membawakan lagu-lagu ciptannya seperti Tiga Anak Manis lewat lagu "Dicium Mama Dicium Papa". Begitu juga dengan Eno Lerian yang membawakan lagu karya Papa T Bob, "Nyamuk Nakal" dan Bondan Prakoso yang membawakan lagu "Si Lumba-lumba".

Papa T Bob pun menjadi pencipta lagu anak anak berpenghasilan milyaran rupiah. Bahkan pernah lagu ciptaannya dibarter dengan sebuah apartment di daerah Kemayoran.

Papa T Bob kini dipercaya ole para sahabat menjadi ketua umum Asosiasi Bela Hak Cipta (ABHC) yang secara hukum akan menertibkan para pelanggar hak cipta. Dengan pengalaman pribadi Papa T Bob berharap tidak ada lagi pelanggaran hak cipta yang jelas jelas merugikan pencipta lagu.

Papa T Bob kepada radarindonesianews.com mengatakan, Didi DJ Managemant mengeluarkan lagu dangdut dengan judul Obok obok yang dinyanyikan oleh Meldi yang sudah diunggah di Youtube. Sayangnya, Didi DJ Management tidak minta ijin Papa T Bob sebagai pencipta sekaligus pemilik lagu "Obok obok" yagg pernah hits dinyanyikan Joshua Suherman pada tahun 90an itu.

Papa T Bob menambahkan adanya lirik "Diobok obok, diobok obok" yang sama persis dengan yang dinyanyikan oleh Joshua.

"Bukan itu saja, imagenya juga kena karena pasti idenya dari lagu "Diobok obok" Ujar Papa T Bob.

Ditambahkan Papa T Bob, suatu hari Didi menelpon dirinya untuk minta izin pemakaian obok obok dan dirinya memberi angka nominal untuk surat izin tersebut. Saat itu bahkan pihak Didi meminta nomer rekening untuk transfer dan janji ketemuan.

"Esoknya, saya tnggu tidak ada kabar beritanya lagi. Akhirnya, melalui kantor pengacara, Law Office Eddy R Harwanto, S.H, M.H sebagai kuasa hukum saya, mencomasi Didi, DJ Management yang belum direspon hingga saat ini." Ujar Papa T Bob yang akan segera melakukan somasi kedua.[Alex Am]

Tidak ada komentar