Albert Harefa: Pesta Atau Demokrasi?


Albert Harefa

ZONALABOUR.COM, JAKARTA  - Apa yang ada di benak anda saat mendengar kata pesta? Mungkin anda langsung membayangkan kegembiraan, terbebas sejenak dari kepenatan atau mungkin anda memikirkan hal-hal baru yang bisa anda lakukan. Namun apa pun itu saya tidak ingin membawa anda dengan persepsi saya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti kata pesta adalah perjamuan makan minum (bersuka ria dan sebagainya). Lantas bagaimana jika kata pesta disatukan dengan kata demokrasi?

Istilah kata pesta demokrasi sangat sering kita dengar saat reporter atau wartawan mensubtitusi kata pemilu. Seperti, masyarakat menyambut pesta demokrasi dengan mengadakan acara perkumpulan untuk memenangkan figur pilihan mereka atau pesta demokrasi sangat menentukan Indonesia di masa yang akan datang.

Tepatnya 17 April 2019 seluruh masyarakat Indonesia menjadi saksi dan pelaku utama demi terwujudnya keadilan, makmur, sejahtera dan kemajuan negara yang kita cintai serta penentuan nasib generasi penerus Indonesia.

Tapi lihatlah, dari proses panjang itu kita menjumpai cacian, fitnah, menyalahkan yang lain agar tampak terlihat paling hebat dan benar. Hal tersebut lebih mendominasi dibanding penjabaran tujuan arah negara ini mau dibawa kemana.

Sah-sah saja jika bergembira, bersenang-senang, bereforia atas kemenangan pujaannya, tak ada yang melarang. Namun apakah sesempit itu makna dari demokrasi? Apakah hanya dengan menyampaikan aspirasi masyarakat sudah merdeka berdemokrasi?

Pemilu kali ini bukanlah akhir atau ujung dari perjuangan. Ingat, di Negari ini masih banyak yang masuk bui hanya karena Ia menyampaikan apa yang dia amati, apa yang ia rasakan atau membela diri, dan kenyataannya malah dikenakan dengan pasal pencemaran nama baik.

Dan benar saja, saat penerus bangsa berjibaku melawan kerasnya hidup kemana pemerintah? mereka harus merelakan masa kecil yang penuh kasih sayang, menggantung tinggi-tinggi cita-cita mulia. Benarkan, mereka sedang sibuk berdemokrasi atau mungkin saja mereka sedang berpesta? []


Penulis adalah wartawan radarindonesianews.com perwakilan Nias

Tidak ada komentar