Jelang Pencoblosan Bawaslu Jakarta Timur Awasi Ketat Serangan Fajar

Bawaslu Jakarta Timid/zonalabour.com]
ZONALABOUR. COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah berhasil membongkar temuan uang sebesar Rp8 miliar dalam 84 kardus yang dimasukkan ke dalam amplop untuk serangan fajar. Pengungkapan itu semakin menegaskan, Pemilu 2019 tak luput dari serangan fajar atau politik uang.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai lembaga otoritas pengawas pemilu juga terus bergerak melakukan pengawasan ketat menjelang pencoblosan 17 April. Pihaknya tak akan segan menyanksi tegas jika terdapat caleg yang melakukan politik uang.

"Kita akan terus cegah adanya politik uang atau pun hal lain yang bisa menjadi pelanggaran Pemilu yang dilakukan baik oleh caleg maupun parpol yang akan bersaing di Pemilu tahun ini," ujar Ketua Bawaslu Jakarta Timur Sakhroji Sah di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Ia menambahkan, selain pengawasan, pihaknya juga akan bersikap tegas terhadap seluruh pelanggaran yang dilakukan selama pemilu berlangsung. Sanksi tegas juga akan diberlakukan terhadap pelanggaran berat dalam pemilu di mana Bawaslu akan meminta polisi sebagai aparat penegak hukum untuk menindak pelaku pelanggaran tersebut.

Untuk bisa memantau ribuan TPS yang saat ini menjadi wewenang Bawaslu sebagai pengawas terjadinya berbagai macam pelanggaran selama Pemilu berlangsung, sangat membutuhkan peran serta seluruh lapisan masyarakat, untuk berkontribusi melaporkan dan memberikan bukti jika terjadi pelanggaran di lokasi masing-masing.

"Kita berharap peran masyarakat luas bisa secara langsung berkontribusi dengan melaporkan dan memberikan bukti jika terjadi pelanggaran selama masa kampanye hingga pada hari akhir pencoblosan nanti," Katanya.[]

Tidak ada komentar