Panwaslu Kecamatan Ciracas Gelar Bimtek Pengawas TPS Kelurahan Susukan

Bimtek Pengawas TPS keluarhan Susukan.[zonalabour.com]
ZONALABOUR.COM, JAKARTA - Panwaslu Kecamatan Ciracas gelar Bimtek Pengawas TPS Kelurahan Susukan, Rambutan, Kelapa Dua Wetan,  bertempat di Aula Kantor Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur,  Jumat (29/3/2019). 

Bimbingan Teknis (bimtek) yang dibuka oleh Abdul Hakim, Ketua Panwaslu Kecamatan Ciracas tersebut diikuti sekitar 283 orang dari 3 kelurahan. Sementara pemateri dalam bimtek itu diberikan oleh Don Gusti.

Acara diawali dengan dibagikanmya setiap peserta materi test tentang pengawasan di TPS dan dilanjutkan dengan menonton video tutorial tentang suasana TPS dari Bawaslu RI. 

Dalam kesempatan tersebut, Don Gusti Rao, M. Si, mengatakan bahwa tugas pengawas TPS telah diatur dalam pasal 114 undang-undang no 7 tahun 2017 tentang pemilu. Dalam pasal itu pengawas TPS bertugas mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke KPPS.

Don Gusti Rao menegaskan bahwa  dalam pasal 115 pengawas TPS berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya pelanggaran, kesalahan dan atau penyimpangan administrasi pemungutan dan penghitungan suara, menerima salinan berita acara dan sertifikat pemungutan dan penghitungan suara serta melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Di tempat yang sama, Ketua Panwaslu Kecamatan Ciracas, Abdul Hakim memberikan arahan tambahan dalam pasal 116 bahwa pengawas TPS berkewajiban untuk menyampaikan hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui panwaslu kelurahan/desa dan menyampaikan laporan hasil pengawasan kepada Panwaslu Kecamatan melalui panwaslu kelurahan/desa.

"Digelarnya Bimtek Pengawas TPS ini, bertujuan agar dalam melaksanakan tugas pengawasan bisa maksimal sehingga bisa bekerja secara profesional dan proporsional sesuai dengan tupoksi dari pengawas TPS." Jelas Abdul Hakim.

Bimtek Pengawas TPS ini  dihadiri oleh panwaslu di 3 kelurahan,   Azhari dari Panwaslu kelurahan Susukan dan  juga  Pemimpin Umum media zonalabaour.com, Roedi Susyanto.[]

Tidak ada komentar