Dr. Hasto Wardoyo: Saya Akan Tindak Pejabat Gunakan Mobil Dinas Untuk Mudik

Dr. Hasto Wardoyo saat wawancara di Kompas TV, Jakarta
ZONALABOUR.COM, JAKARTA - Bupati Kulon Progo, Dr. Hasto Wardoyo dengan tegas melarang mobil dinas untuk mudik Lebaran 2019, dan mengajak Aparatur Sipil Negara mencontoh keteladanan Umar bin Abdul Aziz. Hal ini dikatakan Hasto melalui hubungan whatsapp, Jumat (30/5/2019).

Dr. Hasto Wardoyo yang termasuk salah satu dari 3 Bupati penerima Penghargaan Jasa Utama dari pemerintah ini memberikan contoh sikap yang dilakukan Khalifah Umar Bin Abdul Aziz pada masa pemerintahan Islam pada abad VII yang tidak memanfaatkan jabatan demi kepentigan pribadi.

"Umar bin Abdul Aziz itu hanya menggunakan lampu dinas saja ketika ada anak buahnya mengajak diskusi tentang keluarganya maka lampu rumah yang terang benderang dimatikan dan diganti ublik , sentir lampu kecil. Setelah ditanya kenapa demikian, jawabannya karena lampu rumah dinas itu lampu negara, mestinya untuk kepentingan masyarakat dan negara." Ujar Hasto seperti yang ungkapkan dalam whatsappnya.

Ditambahkan Hasto, karena diskusinya bukan tentang negara dan masyarakat tapi hanya tentang keluarganya, maka lampu digantinya dengan lampu pribadi yang kecil.

Mengambil kisah ketaualdanan Umar bin Abdul Aziz itulah kemudian Hastto tegas melarang menggunakan kendaraan dinas untuk transportasi pejabat untuk pulang kampung.

Hasto Wardoyo yang juga sebagai dokter kandungan ini memang fenomenal dengan jabatan strategisnya sebagai Bupati Kulon Progo dan dikenal sangat serius membela ekonomi masyarakat Kulon Progo. 

Dari tangan dan kebijakannya, pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin kuat dengan keberadaan Airku (Air Kulon Progo), sebuah mereka produk air minum lokal yang diproduksi di Kabupaten Kulon Progo secara benar dan mampu menjadi konsumsi masyarakat.

Wajarlah kemudian Bupati yang satu ini dilirik presiden Jokowi untuk menempatkan dirinya sebagai Ketua BKKBN.

Hasto mengingatkan dan akan menindak pejabat dan ASN yang menggunakan mobil dinas untuk mudik dengan anksi dan surat teguran.

"Kami melarang mobil dinas untuk mudik. Contohlah Umar bin Abdul Aziz," Imbuhnya.[]

Tidak ada komentar